SMK NEGERI 1 KAIDIPANG KAB. BOLAANG MONGONDOW UTARA

Fungsi dari Gerbang Logika dengan Rangkaian Kombinasi dan Sekuensial (NOT, AND, dan OR)

Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas sedikit dari pelajaran gerbang logika. Mata pelajaran ini tersedia saat saya duduk dibangku kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Menurut saya sendiri mengenai pelajaran ini tidak terlalu sulit kita hanya di anjurkan dalam penggunaan logika kita sesuai dengan namanya yaitu Gerbang Logika.
Gerbang Logika atau yang bahasa inggrisnya adalah Logic Gate merupakan dasar pembentuk sistem komputer yang berguna dalam mengganti satu atau beberapa masukan menjadi sebuah sinyal keluaran yang masuk akal. Gerbang Logika ini bekerja berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan dengan kode simbol yaitu 0 dan 1.
Selain definis diatas makna lain dari Gerbang Logika ini yakni, Gerbang Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal masukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal keluaran yang berupa sinyal tinggi atau sinyal rendah.
Penjelasan yang lebih detail, Gerbang Logika ini merupakan campuran dari satu atau beberapa masukan menjadi sebuah keluaran yang bernilai "TRUE" atau "FALSE". Dalam hal ini nilai tersebut diwakilkan oleh bilangan 1 dan 0, atau lebih sering dikenal dengan sistem bilangan Biner. Sebenarnya hanya terdapat 3 gerbang logika dasar yang biasa digunakan dalam pelajaran ini, yaitu: Gerbang AND , Gerbang OR & Gerbang NOT.

1.Gerbang AND
Gerbang AND akan berlogika 1 apabila kedua masukan  nilai 1 dan akan berlogika 0 apabila dari satu atau kedua masukan nilai 0. Gerbang AND dapat di bayangkan dengan dua bentuk saklar listrik yang di pasang secara seri kemudian disusun secara seri lagi dengan lampu yang disaklar tersebut. Berikut merupakan lambang dan tabel kebenaran Gerbang AND.


Lambang dari Gerbang AND
Tabel kebenaran dari Gerbang AND

2. Gerbang OR
Gerbang OR dapat diartikan "ATAU", sehingga OR gate akan berlogika 1 jika salah satu atau kedua masukkan berlogika 1 dan akan berlogika 0 jika kedua masukkan berlogika 0. Gerbang OR dapat di umpamakan dengan dua buah saklar yang di pasang paralel kemudian disusun secara seri dengan lampu yang disaklar. Berikut adalah simbol dan tabel kebenaran dari Gerbang OR.
Simbol dari Gerbang OR
Tabel kebenaran dari Gerbang OR

3. Gerbang NOT
Gerbang NOT hanya memerlukan sebuah Masukan  untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran. Gerbang NOT disebut juga dengan sebuah Inverter atau Pembalik karena menghasilkan Keluaran yang merupakan kebalikan dengan masukan itu sendiri. Inilah lambang dan tabel kebenaran Gerbang NOT tersebut.
Lambang dari Gerbang NOT
Tabel kebenaran dari Gerbang NOT

Kita sudah selesai membahas tentang Gerbang Logika atau Logic Gate, sekarang  kita akan membahas tentang hubungan atau Rangkaian Kombinasi dan Rangkaian Sekuensial.
1.Rangkaian Sekuensial adalah rangkaian logika yang keadaan isinya dipengaruhi oleh masukan dan kondisi keluaran yang sebelumnya atau dapat diartikan dengan susunan yang bekerja berdasarkan urutan waktu yang ada. Ciri-ciri dari rangkaian sekuensial yang penting adalah adanya jalur umpan balik di dalam susunannya.
2. Rangkaian Kombinasi adalah rangkaian yang keluarannya hanya terpikat pada masukan yang sesuai pada saat itu. Pada intinya, rangkaian kombinasi ini merupakan pelaksana dan pengganti langsung dari logika pada boolean, yang bisa dibilang sebagai fungsi logika. Operator logika boolean yang digunakan adalah pembalik NOT, perkalian logika AND, dan penambahan logika OR.

Penulis : HARIST ARYO PUTRA
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Ketua Program Keahlian Multimedia

MOH.TAMRIN S. BUHANG, S.Kom, Gr

Site Links


Recent Posts Widget

Chat With Us

Unordered List

Flag Counter